Mengatur Kehidupan Beragama, Menjamin Kebebasan?

Diterbitkan oleh Setara Institute

Jaminan kebebasan beragama/berkeyakinan sebagai salah satu elemen hak asasi manusia menuntut upaya terus menerus agar kebebasan itu bisa dinikmati oleh setiap warga negara tanpa membeda-bedakan asal usul ras, suku, dan agamanya.

SETARA Institute memahami bahwa pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan yang marak akhir-akhir ini di Indonesia dipicu oleh banyak faktor. Salah satu faktor tersebut adalah terdapat berbagai produk hukum diskriminatif yang justru menjadi landasan bagi pengaturan kehidupan keagamaan di Indonesia. Sebagai organisasi hak asasi manusia, SETARA Institute meyakini bahwa salah satu cara untuk menegakkan hak asasi manusia adalah dengan cara mengganti atau merevisi berbagai produk yang tidak kondusif bagi pemajuan hak asasi manusia.

Jaminan kebebasan beragama/berkeyakinan sebagai salah satu elemen hak asasi manusia menuntut upaya terus menerus agar kebebasan itu bisa dinikmati oleh setiap warga negara tanpa membeda-bedakan asal usul ras, suku, dan agamanya.

Inisiatif Studi Pemetaan tentang Urgensi RUU Jaminan Kebebasan Beragama/Berkeyakinan, selain didasari oleh kajian-kajian faktual di lapangan, pemantauan reguler yang dilakukan oleh SETARA Institute, juga didorong oleh Putusan Mahkamah Konstitusi RI yang menguji UU No. 1/PNPS 1965 tentang Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. Putusan MA secara implisit memandatkan kepada otoritas pembentuk undang-undang, dalam hal ini DPR, untuk membuat undang-undang baru yang lebih menjamin kebebasan beragama/berkeyakinan.

Studi ini merupakan sumbangan SETARA Institute bagi para pihak yang akan mendorong advokasi RUU yang lebih menjamin kebebasan beragama/berkeyakinan di Indonesia. Studi ini juga merupakan bagian upaya menghimpun aspirasi warga negara yang merupakan elemen kunci dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan yang partisipatif.

Sila unduh di sini:

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s