Said Agil Siraj: Tasawuf Alternatif Kebhinekaan Indonesia

Menarik menyimak pernyataan Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siraj, pada pembukaan MTQ Antarpesantren di Pontianak, Kalimantan Barat (3/7/2012), menyatakan bahwa Alquran menganjutkan umat Islam untuk bersikap modern dan bukan menjadi ekstrem, apalagi melakukan tindakan teror. Demikian diberitakan oleh Harian Kompas pada 3 Juli 2012.

Kiai NU yang menempuh studinya di Mekah, Saudi Arabia, ini menyatakan pula bahwa sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, NU menentang semua gerakan radilan, anarkis atau terorisme. Islam, menurutnya, tidak pernah mengajarkan kekerasan, namun mengedepankan toleransi. Untuk itu, Harian Tempo (3/7/2012) menyebutkan, bahwa Said Aqil mengajak seluruh umat Islam untuk memberantas semua gerakan-gerakan radikal secara bersama-sama.

Sebagai alternatif, yang menurutku cukup relevan, Kiai Said menganjurkan agar umat Islam mengikuti cara beragama kaum sufi (tasawuf) yang sangat mengedepankan toleransi, karena corak keberagamaan seperti ini sangat cocok dengan kondisi Indonesia yang berbhineka. Seperti diucap oleh kiai Said, bukan Indonesia bila di dalamnya tidak ada umat Katolik, Kristen, Budha, Hindu, bahkan Kaharingan (salah satu agama tradisional Indonesia) sekalipun.

Kembali Kiai Said menegaskan apa yang tertera di dalam Alquran, ayat 99 surat Yunus/10, bahwa bisa saja Tuhan menjadikan seluruh umat di muka bumi adalah Islam bila Tuhan menghendaki, namun Allah menyatakan kepada Muhammad SAW bahwa Ia mengizinkan adanya tempat ibadah lain di muka Bumi.

Dengan demikian, penting untuk menyambut pesan dari Kiai Said untuk kembali mengkaji Alquran secara benar dan mendalam terutama berkaitan dengan makna toleransi, karena menurutnya, banyak sekali ayat-ayat Alquran yang memerintahkan umat Islam untuk bersikap toleran kepada pemeluk keyakinan yang berbeda.

Sumber: Harian Tempo dan Kompas, 3 Juli 2012.

3 thoughts on “Said Agil Siraj: Tasawuf Alternatif Kebhinekaan Indonesia

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s