Yogyakarta: Manifesto Kebhinekaan

Foto: Sri Sultan Yogayarkata dan Alissa Wahid

Masyarakat Yogyakarta yang diprakarsai Forum Yogyakarta untuk Keberagaman menyampaikan Manifesto Kebhinekaan di depan Gedung Agung, Minggu, (24/6/2012).

Habibah selaku perwakilan masyarakat Yogyakarta yang menyampaikan manifesto tersebut menyatakan bahwa kebhinekaan adalah kekayaan hidup sehari-hari yang tidak bisa dipungkiri di Indonesia. “Dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Rumusan tersebut melandasi semangat bangsa yang toleran, menghargai keragaman, dan menjunjung tinggi kemerdekaan berpikir dan berpendapat,” kata Habibah saat menyampaikan isi manifesto tersebut.

Karena itu, lanjut dia, warga Yogyakarta menyatakan menolak aksi kekerasan atas alasan apapun karena tidak sesuai prinsip kebhinekaan. Dalam manifesto tersebut juga dinyatakan agar masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai kebhinekaan, serta tidak membiarkan terjadinya aksi intimidasi atau kekerasan. “Kami mohon agar Sri Sultan dapat menjaga manifesto ini,” kata Habibah saat menyerahkan salinan manifesto tersebut ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Sri Sultan kemudian menyatakan bahwa manifesto tersebut adalah sebuah aspirasi dari masyarakat Yogyakarta. “Dalam sejarahnya, di Yogyakarta tidak pernah ada kekerasan atas nama agama. Kebhinekaan akan selalu mewarnai republik ini,” kata Sri Sultan. Selain diserahkan kepada Gubernur DIY, manifesto tersebut juga diserahkan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno.

Pembacaan manifesto tersebut digelar disela-sela kegiatan Kirab Kejuangan dalam rangkaian acara peringatan 63 tahun peristiwa Yogya Kembali. Sejumlah kelompok masyarakat pun tampil dalam kegiatan kirab tersebut, di antaranya perwakilan dari kecamatan di Kota Yogyakarta, sekolah dan juga organisasi kepemudaan.

Sumber: Tribun News Sumber Gambar: Tempo

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s