Liput Kegiatan Ibadah HKBP Filadelfia, Aktivis Sejuk Dipukuli FPI

JAKARTA–MICOM: Seorang aktivis sekaligus jurnalis Sejuk (Serikat Jurnalis untuk Keberagaman) yang diketahui bernama Tantowi Anwari dipukuli saat berada di tempat ibadah HKBP Filadelfia, Tambun, Bekasi. Peristiwa pemukulan dilakukan sekelompok ormas yang diketahui dari FPI setempat yang memang tak setuju dengan ibadah yang dilakukan HKBP Filadelfia di lingkungan tempat tinggal mereka.
Ketua sekaligus pimpinan redaksi laman daring Sejuk, Ahmad Junaidi, mengaku mendapat laporan dari Tantowi atas peristiwa pemukulan serta pencopotan paksa kaus berlogo Sejuk yang dipakai Tantowi saat meliput ibadah HKBP Filadelfia. Kini, Tantowi sudah diamankan di Polsek Tambun.
“Saya dapat laporan dari dia (Tantowi), dia, pengurus Sejuk, dan bersama aktivis lain di HKBP, dikepung FPI. Kausnya (ada tulisan logo Sejuk) dicopot, (ia) diarak massa lalu dipukuli. Sekarang dia diamankan di Polsek Tambun,” kata Ahmad kepada Mediaindonesia.com, Minggu (6/5).

Menurut Ahmad, keberadaan Tantowi di HKBP kerap dilakukan karena komunitas Sejuk sendiri sering mendampingi kaum minoritas yang terkena masalah seperti HKBP Filadelfia dan GKI Yasmin yang bermasalah dengan warga sekitar tempat ibadah dan IMB (izin mendirikan bangunan).

Tantowi, menurut Ahmad, tak hanya menemani kaum minoritas, tetapi juga menuliskan pengamatannya ke dalam laman sejuk http://www.sejuk.org.
“Kita biasa menemani teman-teman dari minoritas agama yang dapat kekerasan, seperti kita dampingi GKI Yasmin, siapa saja kaum minoritas yang bermasalah,” tuturnya.
Atas kejadian yang menimpa rekannya tersebut, Sejuk akan menggandeng LBH (lembaga bantuan hukum) untuk meminta bantuan atas pemukulan yang dilakukan FPI kepada Tantowi di Bekasi pagi ini. Sejuk dan LBH juga rencananya akan menggelar jumpa pers nanti sore terkait peristiwa hari ini.
“Kita akan melakukan upaya hukum, kita akan koordinasi dengan teman-teman di LBH nanti,” terangnya. (*/OL-10)

Sumber: Media Indonesia

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s