Catatan Harian Ahmad Wahib

28 Maret 1969

 

Aku belum tahu apakah Islam itu sebenarnya. Aku baru tahu Islam menurut
HAMKA, Islam menurut Natsir, Islam menurut Abduh, Islam menurut ulamaulama
kuno, Islam menurut Djohan, Islam menurut Subki, Islam menurut
yang lain-lain. Dan terus terang aku tidak puas. Yang kucari belum ketemu,
belum terdapat, yaitu Islam menurut Allah, pembuatnya. Bagaimana?
Langsung studi dari Qur‟an dan Sunnah? Akan kucoba. Tapi orang-orang lain
pun akan beranggapan bahwa yang kudapat itu adalah Islam menurut aku
sendiri. Tapi biar, yang penting adalah keyakinan dalam akal sehatku bahwa
yang kupahami itu adalah Islam menurut Allah. Aku harus yakin itu!

 

17 Januari 1969

Kita orang Islam belum mampu menerjemahkan kebenaran ajaran Islam
dalam suatu program pencapaian. Antara ultimate values (nilai-nilai pokok –
Red.) dalam ajaran Islam dengan kondisi sekarang memerlukan
penerjemahan-penerjemahan. Dan ini tidak disadari…. Karena seperti itulah
kita menjadi orang yang selalu ketinggalan dalam usaha pencapaian dan
cenderung ekslusif.

One thought on “Catatan Harian Ahmad Wahib

Tinggalkan balasan

